Minggu, 08 November 2009

Laju Reaksi







Salam jumpa.....

Anak-anak…..sekarang kita akan belajar tentang laju reaksi kimia…….
meskipun ibu tak bersama kalian, namun melalui blog Pembelajaran ini, kalian dapat belajar mandiri….



Siswa-siswi sekalian, kompetensi dasar yang harus kamu kuasai adalah menjelaskan pengertian laju reaksi kimia dengan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.


Untuk mengetahui apakah kamu telah mengerti tentang materi laju reaksi, ada indikator-indikator yang harus dapat kamu jelaskan, yaitu:
1. pengertian Laju reaksi.
2. faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.

Nah....kalian ibu beri pertanyaan: bila ada 2 buah gelas berisi air panas dan air dingin, lalu kita masukkan ke dalam masing-masing gelas tersebut sesendok gula pasir……nah, dalam gelas mana gula pasir lebih cepat larut???

Cepat atau lambatnya gula melarut (bereaksi) di dalam air adalah salah satu contoh aplikasi konsep laju reaksi dalam kehidupan sehari-hari……dan ledakan bom atom pada gambar di atas juga termasuk satu contoh reaksi kimia yang terjadi dengan kelajuan yang sangat cepat.....

Oke…..sekarang kita akan mempelajari tentang konsep laju reaksi……

KONSEP LAJU REAKSI

Bila ada suatu reaksi antara zat A dan zat B yang menghasilkan zat C seperti reaksi sbb:
aA + bB ---> cC
Maka laju reaksi dapat dinyatakan sbb:

= - 1/a delta [A] / delta t
= - 1/b delta [B] / delta t
= + 1/c delta [C] / delta t

Konsentrasi pereaksi tiap satuan waktu akan berkurang , sedangkan konsentrasi produk semakin bertambah. contoh dalam kehidupan sehari-hari: perkaratan besi, reaksi pembuatan sabun, reaksi pembuatan parfum, reaksi pada ledakan bom atom, dan lain-lain.

Contoh soal:
1. Bila diketahui suatu reaksi sbb :
A2 + B5 ---> C3
Bagaimana cara menyatakan laju reaksinya ?
Jawab :
V = - delta [A2]/ delta t
= - delta [B5]/ delta t
= + delta [C3]/ delta t

2. Bila diketahui suatu reaksi sbb :
2 NO (g) + F2 (g) ---> 2 NO2F (g)
Bagaimana cara menyatakan laju reaksinya ?
Jawab :
V = - ½ delta [NO]/ delta t
= - delta [F2]/ delta t
= + ½ delta [NO2F]/ delta t

Jadi, apa pengertian laju reaksi menurutmu...??? yaaaa....laju reaksi adalah perubahan konsentrasi reaktan (pereaksi) atau produk tiap satuan waktu.

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI

1. KONSENTRASI, pada konsentrasi tinggi, suatu zat akan lebih cepat bereaksi dibanding pada konsentrasi rendah, contohnya....seseorang yang makan buah durian matang (konsentrasi alkohol tinggi) akan lebih cepat terasa panas badannya dibanding dengan orang yang makan buah durian agak mengkal (konsentrasi alkohol rendah).

2. SUHU, pada suhu tinggi reaksi akan lebih cepat dibanding pada suhu rendah, contohnya sesendok gula pasir akan cepat larut di dalam segelas air panas dibanding dalam air dingin.

3. LUAS PERMUKAAN (LUAS BIDANG SENTUH), bila ukuran suatu zat padat semakin kecil maka luas permukaannya untuk bisa bersentuhan dengan zat lain akan lebih luas sehingga reaksi terjadi lebih cepat, contoh gula halus berbentuk tepung akan lebih cepat larut dalam air dingin di banding dengan kristal gula pasir.

4. KATALIS, penggunaan katalis pada reaksi kimia ibarat orang mengendarai mobil di jalan tol, sedangkan reaksi kimia tanpa katalis ibarat orang mengendarai mobil di jalan yang berkelok-kelok dan mendaki bukit....jadi, dengan adanya katalis reaksi kimia akan lebih cepat. Contoh katalis dalam hidup kita sehari-hari adalah enzim yang ada dalam tubuh kita seperti enzim amilase , enzim protease dan lain-lain yang membantu reaksi kimia dalam tubuh kita khususnya dalam proses pencernaan.

Nah....jelas kan apa saja yang mempengaruhi laju reaksi kimia..???

Sekarang tugasmu adalah mengerjakan soal-soal latihan pilihan ganda pada buku kimia karangan Michael Purba no. 1 s.d 10. Oke...selamat dan sukses buat kalian semua....!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar